Jumat, 18 Juli 2014

Menjadi Seorang Test Builder Yang Baik dan Benar


Written by Ardiansyah Ardan

Untuk seorang designer papercraft agar mendapatkan hasil karya yang bagus dan dapat diterima dengan baik oleh para builder atau perakit, maka diharapkan melibatkan seorang Test Builder dalam tahap akhir proses design paper model.

Dalam pengertian umum Test Builder berarti seseorang yang ditunjuk langsung oleh designer papercraft unbtuk merakit designnya sebelum dipublikasikan kepada masyarakat umum. Diharapkan dari seorang Test Builder akan memberikan kritik dan saran agar hasil karya designer tersebut lebih rapi dan dapat diterima lebih baik untuk para builder nantinya.


Syarat2 untuk menjadi Test Builder yang baik dan benar antara lain ialah :

1.      Menguasai teknik perakitan semua jenis paper model
Hal ini sangat jelas sekali, karena seorang test builder harus bisa membuat semua jenis papermodel dengan baik dan benar. Apakah itu paper toy,pepakura ataupun paper model. Di sini seorang Test Builder harus siap berhadapan dengan semua jenis designer papercraft,dan hal ini akan menambah jam terbang serta kemampuan memberikan kritik dan saran yang lebih baik kepada designer.

2.     Jujur dalam memberikan kritik dan saran
Walaupun designer papercraft itu adalah teman karib anda ataupun seseorang yang berjasa bagi anda, Test Builder harus berani memberikan kritik dan saran yang sesuai dengan hasil karya mereka. Seorang Test Builder tidak boleh memiliki mental ABS (Asal Bapak Senang) yang mana hanya memberikan pujian pujian saja tanpa memberikan krtik dan saran yang membangun. Ingatlah bahwa kritik dan saran anda akan berperan besar dalam pengembangan kreasi dari designer itu sendiri. Karena dengan krtik dan saran yang tepat dan sesuai, seorang designer dapat mengembangkan hasil karyanya lebih baik dari waktu ke waktu.

Dengan adanya tulisan ini saaya mengharapkan agar dunia design papercraft Indonesia dapat selangkah lagi lebih maju dalam mengembangkan hasil-hasil karyanya. Bagi para builder jangan berkecil hati, karena dari tulisan ini andapun dapat berperan lebih jauh lagi bagi pengembangan design papercraft Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar